Jumat, 27 Februari 2009

Manifesto Harokah

Harokah Islamiyah atau Islamic Movement adalah wadah tempat kalian beramal jama`i. Harokah adalah tempat dimana pun kalian bisa mendakwahkan ideologi kalian dengan berbagai cara dan sarana. Harokah adalah usaha kalian menerapkan deologi dan mempengaruhi lingkungan dengan warna yang kalian inginkan.

Tidak ada tazkiyah yang mewajibkan kalian terdaftar di departemen dalam negeri pemerintahan manapun!

Tidak ada yang mengharuskan logo atau bendera berbentuk apapun.Sebab harokah adalah bagaimana kalian gerak dan diam kalian dalam sinergi jiwa yang hidup dengan semangat ibadah.


Harokah adalah teguran kalian kepada seseorang yang direncanakan. Harokah adalah spontanitas ideologis untuk tidak begitu saja menerima keadaan. Maka, tidak ada yang dapat menghalangi kalian untuk bergerak. Tidak ada yang berhak mengambil kepentingan ideologi kalian. Apapun mereka dan siapapun orangnya, seorang muharrik tidak menyerahkan ideologinya kepada manusia atau kumpulan manusia...

Harokah adalah bacaan al-qur`an kalian kepada seorang kawan yang tertidur disamping kalian. Kemudian ia adalah nasihat taqwa atas dasar cinta kepada Alloh. Oleh karenanya, ia bisa berwujud sikap kasih sayang atau pembangkangan; atau keduanya sekaligus!

Harokah adalah perwujudan cita-cita besar berupa amal, meskipun ia kecil. Harokah tidak berbicara tentang banyak atau tidaknya orang yang bekerjasama. Ia adalah efektifitas kerja dan evaluasi mandiri.

Harokah adalah berkumpulnya kalian di mesjid untuk bermusyawarah, dengan ataupun tanpa kehadiran seorang Jama`ah Tablig.
Harokah adalah pergumulan politik kalian dalam sebuah kutlah taghyr, dengan ataupun tanpa seorang Syabab Hizbut Tahrir.
Harokah adalah lingkaran keluarga taqwa, dengan ataupun tanpa kehadiran seorang Ikhwan Partai Keadilan Sejahtera
Harokah adalah majlis musyawarah para mujahid dakwah, meski tanpa kehadiran Mujahidin MMI atau FPI.
Harokah adalah semangat menuntut ilmu syar`i, dengan ataupun tanpa kehadiran syaikh Salafi.

Tidak ada yang dapat meredusir kalian. Tidak ada yang mampu menista kalian. Karena kalian bersama Islam; Sebuah Transaksi Hidup yang Tinggi, tidak ada yang lebih tinggi darinya!

Maka,
Tidak ada rekruitmen sejati selain Syahadat dan masuknya kalian kepada Dienul Islam. Tidak ada taklimat kecuali Seruan ayat Al-Qur`an dan Hadith.

Kami menolak semua otoritas politik dan jutifikasi publik kecuali atas dasar ilmu dan hikmah dalam kebenaran.
Kami menggugat klaim kalian atas penafian gerakan-gerakan kecil yang kreatif dan independen. Kami mengafirmasi mereka sebagai harokah dan mendudukan mereka dengan kedudukan yang adil dan beradab.

Kami mempertanyakan ajakan dan ketergabungan kalian! Karena sesungguhnya ketergabungan bukan sebuah pengakuan artifisial. Ia adalah keterlibatan jiwa dan raga dalam sebuah amal nyata; bukan sebuah kartu anggota!

Kami, saudara muslim kalian. Membuka mata kalian tentang sebuah stuktur tandzim kecil di sebuah surau atau langgar. Bahwa sesungguhnya DKM dan Remaja Mesjid kalian adalah Harokah Islamiyah! Tidak partai atau ormas yang lebih mulia, apalagi berhak mengatur mereka. Tidak ada yayasan atau lembaga yang berhak mengintervensi mereka!

Kami, saudara muslim kalian. Menguak tabir kebodohan dan fanatisme tentang kebersamaan dalam amal jama`i dengan kasyaf yang tidak dimiliki oleh seorang Guru Sufi. Bahwa tidak seorangpun berhak mengatur afiliasi selain kepada kebenaran. Seorang murid bukanlah budak yang tak boleh berpendapat. Maka, betapa tololnya seorang murid yang hanya mengambil ilmu dari seorang guru. Betapa dzalimnya guru yang memonopoli ilmu muridnya. Ketahuilah, tidak setiap guru itu baik sebagaimana tidak setiap guru baik wajib dituruti.

Ingatlah, NAHNU DU`AT `ALA QOBLA SAIY.
Ya, kita da`i sebelum menjadi angota partai
Kita da`i sebelum qosam kepada kelompok politik
Kita da`i sebelum dan sesudah PEMILU 2009!
Dan seorang da`i tidak akan mengeluarkan pertanyaan aneh; "saya harus ikut harokah yang mana?"

Seorang da`i tidak akan sibuk untuk kepentingan selain kepentingan dan proyek da`wahnya. Ia tidak sibuk dengan proyek pemenangan pemilihan oranglain (meskipun orang itu saudara-nya; dan merekapun da`i).

Seorang da`i hanya akan berurusan dengan cara bagaimana ia bisa menyampaikan kebenaran dan ilmu yang dimiikinya kepada oranglain atau kelompok lain. Ia akan sibuk mencari jalan dan sarana untuk bisa menyampaikan kalimat yang haq kepada pengemis atau penguasa. DAN aktifitas seorang da`i dalam diam dan geraknya, adalah SEBUAH HAROKAH!!!

Oleh : Muhammad Ridho - Aktivis Jembatan Harokah Kota Bogor dan Revolt Islam Movement

Tidak ada komentar:

Posting Komentar